Minggu, 01 Maret 2015

Teknologi Informasi dan Komunikasi

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

A.    DEFINISI TEKNOLOGI  INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)
Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memuat semua teknologi yang berhubungan dengan penanganan informasi. Penanganan ini meliputi pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. Jadi, TIK adalah teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
Ditinjau dari susunan katanya, teknologi informasi dan komunikasi tersusun dari 3 (tiga) kata yang masing-masing memiliki arti sendiri. Kata pertama, teknologi, berarti pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Istilah teknologi sering menggambarkan penemuan alat-alat baru yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik.
Kata kedua dan ketiga, yakni informasi dan komunikasi, erat kaitannya dengan data. Informasi berarti hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian sekelompok data yang memberi nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya. Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi hubungan saling mempengaruhi di antara keduanyammmmmmmmmm.
Jadi dapat di sumpulkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dan proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain sehingga lebih cepat, lebih luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya.
Penerapannya di lingkungan pendidikan/pembelajaran dapatlah dikatakan bahwa TIK mencakup perangkat keras, perangkat lunak, kandungan isi dan infrastruktur yang fungsinya berkaitan dengan pengambilan, pengumpulan (akuisisi), pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.

B.     PERALATAN YANG DIGUNAKAN
Pemahaman mengenai TIK tidak lagi hanya sebatas pada hal-hal yang canggih (sophisticated), seperti komputer dan internet, tetapi juga mencakup yang konvensional, seperti bahan cetakan, kaset audio, Overhead Transparancy (OHT)/Overhead Projector (OHP), bingkai suara (sound slides), radio, dan TV. 
Penjelasan alat-alat TIK dapat dijelaskan sebagai berikut:
1.  Komputer, yaitu alat yang berguna untuk mengolah data menjadi informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan sebelumnya.
2.  Proyektor LCD (Liquid Crystal Display), yaitu alat untuk menayangkan informasi yang berasal dari komputer atau media informasi lain seperti DVD Player.
3.  OHP (Over Head Projector), yaitu alat untuk menayangkan informasi statis yang tertulis pada plastik transparansi.
4.  Radio, yaitu alat penerima informasi yang berasal dari stasiun pemancar berupa gelombang elektromagnet yang membawa informasi suara.
5.  Televisi, yaitu alat penerima informasi yang berupa gambar dan suara. Televisi berasal dari kata tele (jauh) dan vision (tampak/visual).
6.  Internet, yaitu hubungan antar komputer dalam suatu jaringan global yang memungkinkan setiap komputer saling bertukar informasi.
7.  GPS (Global Positioning System), yaitu alat informasi berfungsi menentukan letak, arah atau kecepatan benda yang berada di permukaan bumi.
8.  Faximile, yaitu alat untuk mengirim dan menerima dokumen melalui jalur telepon. Dokumen yang dikirim dengan faximile sama persis dengan dokumen asli.
9.  Satelit komunikasi, yaitu benda buatan manusia yang diletakkan di ruang angkasa untuk keperluan telekomunikasi.
10.  Telepon, yaitu alat komunikasi berguna untuk mengirim data suara melalui sinyal listrik.
11.  Handphone atau telepon seluler, yaitu alat komunikasi bergerak untuk mengirim data suara. Telepon seluler menggunakan gelombang elektromagnet sebagai media penghantar.
12.  Modem, yaitu perangkat keras yang berfungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal listrik yang dapat merambat melalui telepon, dan sebaliknya. Modem merupakan perangkat penting untuk mengakses Internet.

C.    MANFAAT DALAM DUNIA PENDIDIKAN
Secara garis besar TIK memiliki empat peranan sebagai berikut:
1.  Memperluas akses pendidikan
TIK dapat membuka akses yang lebih luas terhadap pendidikan. Dengan TIK,kegiatan pembelajaran tidak terbatas lagi pada dinding-dinding ruang kelas, akan tetapi dapat berlangsung di mana saja dan kapan saja asal peserta didik yang bersangkutan terhubung ke internet.
2.  Meningkatkan efisiensi pendidikan
Efisiensi dalam bidang pendidikan berarti sebuah pendidikan bisa tersampaikan dengan kualitas terbaik dan menuju hasil yang optimal tanpa biaya yang mahal.. Pemanfaatan TIK memungkinkan hal itu terjadi. Melalui pemanfaatan TIK,  peserta  didik  dapat  melakukan  kegiatan  akademik  sesuai  dengan kurikulum walaupun mereka tidak menghabiskan waktunya di kelas. Selain itu bagi siswa yang memiliki disiplin diri dan motivasi belajar yang tinggi, pemanfaatan TIK dapat mempercepat proses untuk mencapai tingkat penguasaan, dan memperluas pilihan belajar sesuai dengan kemampuan dan kondisi diri peserta didik melalui belajar mandiri (self learning ).
3.  Memperbaiki proses belajar mengajar
TIK dengan segala potensi dan kemampuannya dalam menyajikan materi yang variatif dalam berbagai format mampu mengantarkan proses belajar mengajar yanglebih baik guna memberikan hasil belajar yang lebih optimal pada diri peserta didik.Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa bila dibandingkan dengan mengikuti pembelajaran konvensional tatap muka dan ceramah yang monoton di kelas, peserta didik akan lebih memiliki ketertarikan untuk belajar melalui media yang bisa mengantarkan beragam format seperti gambar, suara, video, animasi, atau program interaktif.
4. Memperbaiki sistem pengelolaan
Dalam hal manajemen dan administrasi pendidikan, TIK dapat dipergunakan untuk membantu mengelola dan mengolah data-data pendidikan dan pembelajaran,seperti keadaan peserta didik dan pengajar, hasil penilaian peserta didik, keuangan,keadaan sarana dan prasarana suatu lembaga pendidikan dll. Hal ini dilakukan demi menghasilkan suatu lembaga pendidikan dan kegiatan pembelajaran yang berkualitas yang mampu menyediakan data pendidikan yang akurat, mudah dipergunakan, sertadapat diperoleh dengan tepat waktu.

D.    CONTOH APLIKASI TIK DALAM BIDANG PENDIDIKAN
Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi maka aplikasi penggunaan TIK dapat diterapkan dalam  bidang pendidikan, diantaranya adalah:
1.      E – Learning atau E - Education
2.      Perpustakaan on line
3.      Aplikasi pembelajaran misalnya video pembelajaran, CBI (Computer Based Instruction), CAI (Computer Assisted Learning) melalui beberapa software program ICT, misalnya dengan program  macromedia flash player.
4.      Aplikasi data kepegawaian dan peserta didik misalnya DAPODIK, PADAMU NEGERI, aplikasi SKP dll.













REFERENSI

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi.(On Line)

N.Syarip Miswar . Konsep Teknologi dan Informasi, Pengertian-Penerapan. (On line). Tersedia:http://www.academia.edu/6025905/KONSEP_TEKNOLOGI_INFORMASI_DAN_KOMUNIKASI_-Pengertian_Penerapan

Aplikasi TIK dalam Berbagai Bidang (On line)

Tersedia: http://varriebee.blogspot.com/2012/12/aplikasi-tik-dalam-berbagai-bidang.html

2 komentar:

  1. Pemanfaatan TIK memungkinkan hal itu terjadi. Melalui pemanfaatan TIK, peserta didik dapat melakukan kegiatan akademik sesuai dengan kurikulum walaupun mereka tidak menghabiskan waktunya di kelas.
    Jangan lupa kunjungi website dan blog kami di
    http://www.atmaluhur.ac.id
    1722300001myblog.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Ingin informasi teknologi lebih banyak lagi? Ayo klik Baca Artikel

    BalasHapus