MEDIA DAN
MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
A.
PENGERTIAN
MEDIA
Kata media berasal dari bahasa Latin dan
merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara
atau pengantar. Media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke
penerima pesan.
Banyak batasan
yang diberikan orang tentang media. Asosiasi Teknologi dan Komunikasi
Pendidikan/AECT di Amerika dalam Arief S. Sadiman (2014) membatasi media
sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan
pesan/informasi. Sedangkan Gagne dalam Arief S. Sadiman (2014) menyatakan bahwa
media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat
merangsangnya untuk belajar.
Media adalah
segala sesuatu benda atau komponen yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan
dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan,
perhatian dan minat siswa dalam proses belajar. Media pembelajaran adalah
sarana penyampaian pesan pembelajaran kaitannya dengan model pembelajaran
langsung yaitu dengan cara guru berperan sebagai penyampai informasi dan dalam
hal ini guru seyogyanya menggunakan berbagai media yang sesuai. Media
pembelajaran adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang
dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan
atau ketrampilan pebelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar.
(http://eprints.uny.ac.id).
B.
JENIS-JENIS
MEDIA
Menrut Arief S. Sadiman dkk
(2014:28) beberapa jenis mediapembelajaran yang lazim dipakai dalam kegiatan
belajar mengajar khusunya di Indonesia adalah:
1.
Media Grafis
a.
Gambar/foto
b.
Sketsa
c.
Diagram
d.
Bagan/chart
e.
Grafik (Graphs)
f.
Kartun
g.
Poster
h.
Peta dan Globe
i.
Papan Flanel/ Flannel Board
j.
Papan Buletin (Bulletin Board)
2.
Media Audio
a.
Radio
b.
Alat Perekam Pita Magnetik
c.
Laboratorium Bahasa
3.
Media Proyeksi Diam
a.
Film Bingkai
b.
Film Rangkai
c.
Media Transparansi
d.
Proyektor Tak Tembus Pandang (Opaque Projector)
e.
Mikrofis
f.
Film
g.
Film Gelang
h.
Televisi (TV)
i.
Video
j.
Permainan dan Simulasi
Sejalan dengan perkembangan teknologi, maka media
pembelajaran pun mengalami perkembangan melalui pemanfaatan teknologi itu
sendiri. Berdasarkan teknologi tersebut, Azhar Arsyad (2011) mengklasifikasikan
media atas empat kelompok, yaitu :
a.
Media hasil teknologi cetak.
b. Media hasil teknologi audio-visual.
c.
Media hasil teknologi yang berdasarkan komputer.
C.
MANFAAT
MEDIA
Menurut Arief S. Sadiman dkk
(2014:17) secara umum media pembelajaran mempunyai kegunaan-kegunaan sebagai
berikut:
1.
Memperjelas penyajian pesan agar tidak
terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan
belaka).
2.
Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan
daya indera, seperti misalnya:
a. Objek
yang terlalu besar; bisa digantikan dengan realita, gambar, film bingkai, film,
atau model.
b. Objek
yang kecil; dibantu dengan proyektor mikro, film bingkai, film, atau gambar.
c.
Gerak yang terlalu lambat atau
terlalu cepat; dapat dibantu dengan timelapse
atau high-speed photography.
d. Kejadian
atau peristiwa yang terjadi di masa lalu bisa ditampilkan lagi lewat rekaman
film, video, film bingkai, foto maupun secara verbal.
e. Objek
yang terlalu kompleks (misalnya mesin-mesin) dapat disajikan dengan model,
diagram,, dan lain-lain.
f. Konsep
yang terlalu luas (gunung berapi, gempa buli, iklim, dan lain-lain) dapat
divisualisasikan dalam bentuk film, film bingkai, gambar, dan lain-lain.
3.
Penggunaan media pembelajaran secara
tepat dan bervariasi dapat mengatasi sikap pasif anak didik. Dalam hal ini
media pembelajaran berguna untuk:
a. Menimbulkan
kegairahan belajar.
b. Memungkinkan
interaksi yang lebih langsung antara anak didik dengan lingkungan dan kenyataan.
c. Memungkinkan
anak didik belajar sendiri-sendiri menurut kemampuan dan minatnya.
4.
Dengan sfat yang unik pada tiap siswa
ditambah lagi dengan lingkungan dan pengalaman yang berbeda, sedangkan
kurikulum dan materi pembelajaran ditentukan sama untuk setiap siswa, maka guru
banyak mengalami kesulitan bilamana semuanya itu harus diatasi semua. Hal ini
akan lebih sulit bila latar belakang lingkungan guru dengan siswa juga berbeda.
Masalah ini dapat diatasi dengan media pembelajaran, yaitu dengan kemampuannya
dalam:
a. Memberikan
perangsang yang sama.
b. Mempersamakan
pengalaman.
c. Menimbulkan
persepsi yang sama.
D.
PENGERTIAN
MULTIMEDIA
Multimedia
diambil dari kata multi dan media. Multi berarti banyak dan media berarti media
atau perantara. Multimedia adalah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks,
grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan.
Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna
komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat
disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi. (https://janiansyah.wordpress.com)
Menurut Deni
Darmawan (2012:48) bahwa beberapa model multimedia dalam konteks pembelajaran
dewasa ini bisa diperinci sebagai berikut: (a) media presentasi; (b)
pembelajaran berbasis computer (stay
alone); (c) televisi dan video; (d) 3D dan animasi; (e) e- learning dan learning management system (lms) dan; (f) mobile learning. Semua model multimedia ini pada dasarnya terlahir
dari sebuah proses yang tentunya diperkuat melalui temuan-temuan riset
sebelumnya.
Multimedia dapat dikategorikan menjadi 2 macam, yaitu mulitimedia linier
dan multimedia interaktif. Multimedia linier adalah suatu multimedia yang tidak
dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna.
Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan / lurus), contohnya : TV dan
film. Sedangkan multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi
dengan alat pengontrol (atau alat bantu berupa komputer, mouse, keyboard dan
lain-lain) yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat
memilih apa yang diinginkan untuk proses selanjutnya. Contohnya seperti
aplikasi game. Multimedia interaktif menggabungkan dan mensinergikan semua
media yang terdiri dari teks, grafik, audio, dan interaktivitas (rancangan)
Multimedia
dapat disajikan dalam beberapa metode, antara lain :
- Berbasis
kertas (Paper-based), contoh : buku, majalah, brosur.
- Berbasis
cahaya (Light-based), contoh : slideshows, transparansi.
- Berbasis
suara (Audio-based), contoh : CD Players, tape recorder, radio.
- Berbasis gambar bergerak (Moving-image-based), contoh
: televisi, VCR (Video Cassete Recorder, film.
- Berbasis Digital (Digilatally-based), contoh : komputer.
E.
MACAM-MACAM
MUTIMEDIA
Perangkat
lunak multimedia adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah beberapa
media informasi, seperti teks, image/gambar, audio, grafik, video, dan
interaktif. Banyak sekali jenis aplikasi multimedia, mulai dari yang sekedar
hanya untuk melihat (view) saja sampai dengan membuat dan mengeditnya.
a) Media Player
Media
player adalah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk memainkan informasi
dalam bentuk audio dan video. Biasanya aplikasi media player saat ini sudah
bisa untuk memainkan baik informasi audio maupun video. Beberapa jenis
perangkat lunak media player adalah:
1)
Windows Media Player, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft
Corp. Perangkat lunak ini ikut dalam
paket Microsoft Windows.
2) Winamp, bersifat freeware/komersial dan diproduksi oleh
Nullsoft Inc.
3) WinDVD, bersifat komersial dan
diproduksi oleh Intervideo.
4) PowerDVD, bersifat komersial dan
diproduksi oleh Cyberlink.
5) Musicmatch Jukebox, bersifat
komersial dan diproduksi oleh Musicmatch Inc.
6) DivX Player, bersifat freeware
atau komersial, diproduksi oleh DivXNetwork Inc.
7) Real Player, bersifat komersial
dan diproduksi oleh Real Networks.
8) XMMS, audio player bersifat open
source dan dibawah lisensi GNU General Public License.
9) Xine, DVD player yang bersifat
open source dan dibawah lisensi GNU General Public License.
b) Audio/Video Editor
Video/audio editor adalah jenis
perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit dan memanipulasi informasi dalam
bentuk video dan audio. Banyak sekali proses dalam mengedit video dan audio,
contohnya adalah proses pemotongan, penggabungan, konversi format audio/video,
dan manipulasi kualitas audio/video. Beberapa jenis perangkat lunak media
player adalah:
1) Adobe Premiere Pro, bersifat
komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
2) Adobe Premiere Elements, bersifat
komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
3) Windows Movie Maker, bersifat
komersial dan diproduksi Microsoft Corp.
4) Pinnacle Studio, bersifat
komersial dan diproduksi oleh Pinnacle Systems.
5) TMPGEnc, bersifat komersial dan
diproduksi oleh Pegasis Inc.
c) Graphis/Image Viewer
Image viewer adalah jenis perangkat
lunak yang digunakan untuk melihat (view) image secara terorganisasi pada
sebuah direktori. Saat ini sudah banyak sekali format image yang telah didukung
oleh aplikasi image viewer, seperti bmp (windows bitmap), jpeg/jpg (image
terkompresi), gif (CompuServe), png (portable network graphics), ico (icons
image), dll. Biasanya perangkat lunak ini juga menyediakan fasilitas untuk
mengedit image dalam fungsi-fungsi yang sederhana. Beberapa jenis perangkat
lunak image viewer adalah:
1) ACDSee, bersifat komersial dan
diproduksi oleh ACD Systems.
2) XNView, bersifat freeware dan
diproduksi oleh Pierre-e Gougelet.
3) Irfan View, bersifat komersial dan diproduksi oleh Irfan
Skiljan.
4)
Microsoft Picture Manager, bersifat komersial dan diproduksi oleh Microsoft
Corp.
5)
Microsoft Picture and Fax Viewr, bersifat komersial dan masuk dalam paket
Microsoft Windows.
d) Graphic/Image Editor
Image editor adalah perangkat lunak
yang digunakan untuk melukis, menggambar, mengedit dan memanipulasi image atau
gambar secara interaktif pada sistem komputer. Banyak sekali jenis perangkat
lunak image editor mulai dari dengan fungsi editing yang sederhana sampai
dengan yang kompleks. Terdapat dua jenis image yang dihasilkan oleh image
editor, yaitu dalam bentuk bitmap image dan vector image. Beberapa contoh perangkat
lunak image editor adalah sebagai berikut:
1) Adobe Photoshop, merupakan vector dan bitmap image
editor. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Adobe Systems.
2) Corel Draw, merupakan vector image editor. Bersifat
komersial dan diproduksi oleh Corel Corporation.
3) Microsoft Paint, merupakan bitmap image editor. Bersifat
komersial dan masuk dalam paket Microsoft Windows.
4) Paint Shop Pro, merupakan vector dan bitmap image editor.
Bersifat komersial dan diproduksi oleh Corel Corporation.
5)
GIMP, merupakan bitmap dan vector image editor. Bersifat open source dan
diproduksi oleh The GIMP Team dengan lisensi GNU General Public License.
e) Animasi
Aplikasi
animasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan
memanipulasi informasi dalam bentuk animasi. Animasi adalah gambar bergerak
atau video dengan konten gambar yang fiktif, seperti kartun dan gambar tidak
riil. Beberapa contoh perangkat lunak animasi adalah sebagai berikut:
1) Macromedia Flash, merupakan perangkat lunak animasi yang
banyak digunakan, baik untuk web, presentasi, dll. Bersifat komersial dan
diproduksi oleh Macromedia Inc.
2)
Houdini Animation Software, bersifat komersial dan diproduksi oleh Side Effect
Software.
3) Power Animator, merupakan generasi pendahulu dari Maya
untuk membuat animasi. Bersifat komersial dan diproduksi oleh Alias Systems
Corporation.
f) Grafik 3D
Aplikasi grafik 3 dimensi (3D)
adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan memanipulasi
informasi dalam bentuk gambar 3 dimensi. Berbeda dengan format gambar atau
image secara umum adalah dalam bentuk 2 dimensi. Gambar 3 dimensi merupakan
representasi gambar dalam geometri 3 dimensi. Beberapa contoh perangkat lunak
grafik 3D adalah sebagai berikut:
1) 3D Studio Max, bersifat komersial dan diproduksi oleh
Autodesk Media & Entertainment.
2) Silo 3D Modelling, bersifat komersial dan diproduksi oleh
Nevercenter Ltd. Co.
F.
REALISASI
MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN
Berkembangnya
ilmu dan teknologi, membawa perubahan pula pada learning material atau bahan
belajar. Sebelum berkembangnya teknologi computer bahan belajar yang pokok
digunakan dalam dunia pendidikan adalah semua yang bersifat Printed Matterial,
seperti halnya buku, modul, makalah, majalah, Koran, tabloid, jurnal, hand out
liflet, buklet, dan sebagainya yang semuanya menggunakan bahan tercetak.
Adanya perubahan
dalam bidang teknologi khususnya teknologi informasi, membawa paradigm baru
pada learning material dan learning method. Produk TI dewasa ini telah
memberikan alternative berupa bahan belajar yang dapat digunakan dan diakses
oleh peserta didik yang tidak dalam bentuk kertas, tetapi berbentuk CD, DVD,
Flashdisk, dan lain-lain. Inti dari bahan tersebut adalah berupa
program/software yang dapat dimanfaatkan apakah sekadar mengambil data, membaca,
download bahkan sampai berinteraksi antara program dengan siswa dan guru dengan
memanfaatkan computer sebagai perangkat utama. Dalam terminologi teknologi
pembelajaran konsep tersebut dikenal dengan istilah pembelajaran berbasis
computer atau CBI (Computer Based Instruction). Dalam hal ini, computer tidak
hanya dimaknai sebagai ilmu yang harus dipelajari siswa (computer as science),
tetapi computer sebagai alat yang membantu untuk mempelajari berbagai materi
pelajaran (computer as tools). Dalam system yang lebih kompleks, TI
mengintegrasikan program computer berbasis internet sehingga lahirlah e-book,
e-learning, e-journal, e-dictionary, e-lab dan sebagainya.
Menurut Deni
Darmawan (2012:55) berikut ini adalah karakteristik pembelajaran multimedia:
1. Berisi
konten materi yang representative dalam bentuk visual, audio, audiovisual.
2. Beragam
media komunikasi dalam penggunaannya.
3. Memiliki
kekuatan bahasa warna, dan bahasa resolusi objek.
4. Tipe-tipe
pembelajaran yang bervariasi.
5. Respons
pembelajaran dan Penguatan Bervariasi.
6. Mengembangkan
prinsip Self Evaluation dalam mengukur proses dan hasil belajarna.
7. Dapat
digunakan secara klasikal atau individual.
8. Dapat
digunakan secara offline maupun online.
REFERENSI
Arief S. Sadiman dkk. (2014). Media Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Deni Darmawan. (2012). Inovasi
Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
https://janiansyah.wordpress.com/2009/05/15/pengertian-multimedia/
http://www.tugasku4u.com/2013/04/multimedia-pembelajaran.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar