TUGAS
PENGEMBANGAN LEARNING TRAJECTORY PESERTA DIDIK
NAMA
: SULISTIYA INGWARNI
NIM : 14712259008
KELAS : P2TK DIKDAS
I.
KOMENTAR
Setelah saya mengamati video
tentang pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran “team teaching” yang telah ditayangkan
maka saya dapat mengambil beberapa gambaran yaitu:
1. Team
teaching merupakan bentuk kolaboratf guru dalam proses pembelajaran. Menurut
saya, ada beberapa keuntungan yang diperoleh dari model pembelajaran “team teaching”, diantaranya adalah:
a. Guru
dapat saling membantu dalam kegiatan observasi proses pembelajaran di kelas.
b. Guru
dapat saling berkonsultasi terhadap perkembangan belajar siswa.
c. Pendampingan
kepada anak-anak yang masih membutuhkan bimbingan (lambat belajar) akan lebih
maksimal.
2. Gambaran
kegiatan positif guru dan siswa dalam video pembelajaran tersebut yang dapat
saya peroleh adalah:
a. Siswa
belajar matematka berdasarkan pengalamannya.
b. Siswa
membangun sendiri konsep/pengetahuan matematika mereka.
c. Siswa
terlatih untuk berpikir kritis dengan menyelesaikan permasalahan matematika.
d. Guru
menghargai setiap ide/pendapat dari siswa.
e. Guru
memberikan kesempatan yang sangat terbuka bagi semua siswa untuk mengungkapkan
ide, pendapat, pemikiran maupun pertanyaan mereka.
f. Bahwa
ternyata siswa memiliki potensi yang cukup besar dan perlu adanya sebuah proses
yang baik untuk menggali potensi pengetahuan siswa.
II.
PERTANYAAN
Bagaimana jika dalam
pelaksanaan model pembelajaran “team teaching” terjadi ketidak
seimbangan dalam hal kolaborasi guru, artinya bahwa ada guru yang terlalu pasif
dan ada guru yang terlalu aktif (mendominasi)?
Bagaimana solusi terbaik
menyelesaikan permasalahan tersebut?
III.
KELEBIHAN
DAN KEKURANGAN METODE PEMBELAJARAN LAINNYA YANG SELAMA INI SAYA PRAKTIKKAN, DAN
SEBERAPA JAUH SAYA BELAJAR DARI VIDEO YANG TELAH DITAYANGKAN UNTUK MEMPENGARUHI
DAN KEMUNGKINAN MEMPERBAIKI PRAKTIK PEMBELAJARAN SAYA.
1. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN METODE
PEMBELAJARAN YANG TELAH SAYA PRAKTIKKAN
Selama ini saya telah mempraktikkan
beberapa metode pembelajaran diantaranya ekspositori,
diskusi kelompok, game dan drill soal.
a. Kelebihan
metode pembelajaran yang telah saya praktikkan
1) Ekspositori
Siswa mengetahui materi secara
runtut.
2) Diskusi
kelompok
Siswa lebih aktif dalam
pembelajaran.
Kerja sama dan hubungan antar siswa
menjadi semakin positif.
3) Game
Siswa lebih antusias dalam
mengikuti pembelajaran, karena menyenangkan.
4) Drill
soal
Siswa menjadi lebih berpengalaman
mengahadapi berbagai macam jenis soal.
b. Kekurangan
metode pembelajaran yang telah saya praktikkan
1) Ekspositori
Siswa menjadi pasif dalam
pembelajaran dan terkadang terjadi kejenuhan.
2) Diskusi
kelompok
Pengkonntrolan aktivitas siswa
sering tidak terkendali (jika tidak jeli maka beberapa siswa malah akan
menggunakan kegiatan diskusi kelompok ini sebagai kesempatan untuk ramai/bermain
sendiri).
3) Game
Terkadang siswa lebih asyik dengan game-nya daripada dengan tujuan/materi
pembelajarannya, sehingga sering materi/tujuan pembelajaran malah kurang
maksimal.
4) Drill
soal
Terlalu sering melakukan drill soal akan membuat siswa menjadi jenuh, dan kemudian akan menjawab
soal secara asal-asalan, yang penting cepat selesai.
2.
SEBERAPA
JAUH SAYA BELAJAR DARI VIDEO
Setelah mengamati tayangan video
tentang pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran “team teaching” yang dilakukan di Jepang
banyak sekali pengaruh bagi diri saya untuk melakukan perubahan pada
pembelajaran di kelas saya nantinya, diantaranya adalah:
a. Fakta
bahwa siswa memiliki potensi yang cukup besar dalam membangun pengetahuannya
sendiri, sehingga dalam pembelajaran sangat diperlukan kegiatan/pengalaman yang
dapat memfasilitasi siswa dalam menggali dan membangun pengetahuan. Guru
berperan sepenuhnya hanya sebagai fasilitator saja, bukan sebagai pentransfer
ilmu. Sehingga penggunaan metode ekspositori sudah tidak layak digunakan dalam
pembelajaran.
b. Pemberian
kegiatan/pengalaman akan membuat siswa akan semakin berpikir secara kritis,
sehingga guru wajib menyediakan kegiatan/pengalaman yang bermakna bagi siswa.
c. Pemberian
kesempatan yang sangat terbuka bagi siswa untuk menyampaikan ide, gagasan,
pemikiran maupun pendapat kemudian guru memberikan umpan balik dan penguatan
dengan tepat merupakan bentuk apresiasi/penghargaan terhadap jerih payah siswa
dalam menggali pengetahuan yang akan sangat meberikan dukungan positif terhadap
motivasi belajar siswa.
d. Fakta
bahwa dalam menggali dan membangun sebuah pengetahuan siswa membutuhkan sebuah
proses. Dan proses yang dibutuhkan antara siswa yang satu dengan yang lainnya
berbeda-beda. Sehingga guru harus menghargai setiap proses yang dijalani oleh
siswa. Bukan hanya melihat pada hasilnya saja. Guru harus mendampingi dan melayani
setiap kesulitan yang dihadapi oleh siswa dan harus jeli mengamati perkembangan
belajar setiap siswa.
e. Bahwa
sangat perlu adanya kerjasama antara teman sejawat (sebagai guru) untuk saling
membantu dan berkonsultasi terhadap perkembangan setiap siswa.
***TERIMA
KASIH***
Tidak ada komentar:
Posting Komentar