Minggu, 21 Juni 2015

SILABUS

MATA PELAJARAN/KD
INDIKATOR
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
Matematika
3.6  Mengetahui satuan panjang dan berat benda, jarak suatu tempat (baik tidak baku maupun yang baku) dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
4.5  Memecahkan masalah nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda, dan uang selanjutnya memeriksa kebenaran jawabannya.



3.6.10  Menentukan jarak dua tempat  dengan menggunakan satuan tidak baku.







4.5.6   Memecahkan masalah yang berkaitan dengan panjang/jarak.



·         Mengukur jarak lintasan estafet dengan satuan tidak baku (depa, hasta, langkah).

·         Menentukan jarak lintasan estafet dengan satuan tidak baku (depa, hasta, langkah)

·         Membandingkan hasil pengukuran lintasan estafet dengan satuan tidak baku (depa, hasta, langkah)

·         Menjelaskan mengapa hasil pengukuran tidak semuanya sama

·         Menjelaskan cara paling efektif untuk mengukur lintasan estafet



·         Proses pengukuran



 2 x 35 menit


·         Lintasan estafet

·         Buku Guru


·         Buku Siswa
Bahasa Indonesia
3.5  Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga  dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5   Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.



3.5.9  Menemukan isi teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.






4.5.5  Menulis teks permintaan maaf sederhana tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.





·         Menuliskan teks cerita sikap hidup rukun berdasarkan pengalaman
·         Membacakan hasil teks cerita yang telah dibuat


·         Proses
(Membaca)
·         Hasil
(Teks cerita)



2 x 35 menit


·         Pengalaman siswa bermain lari estafet

·         Buku Guru


·         Buku Siswa
PJOK
3.3  Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar manipulatif dalam berbagai bentuk   permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3   Mempraktikkan variasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.



3.3.1   Menjelaskan cara bermain dengan menggunakan alat dalam permainan sederhana.


4.3.1    Mempraktikkan cara bermain dengan menggunakan alat dalam permainan sederhana.



·         Menjelaskan cara permainan lari estafet

·         Menjelaskan aturan yang harus ditaati dalam permainan lari estafet

·         Mempraktikkan permainan lari estafet



·         Proses


2 x 35 menit


·         Video

·         Lintasan estafet


·         Buku Guru

·         Buku Siswa

PPKn
3.2   Memahami  tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
4.2   Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.



3.2.2   Menyebutkan aturan yang berlaku di lingkungan sekolah.

4.2.4   Membiasakan diri melaksanakan aturan di lingkungan sekolah.



·         Menyebutkan aturan-aturan dalam permainan lari estafet yang haru ditaati

·         Menyebutkan aturan-aturan yang berlaku di sekolah

·         Membiasakan melaksanakan aturan di lingkungan sekolah


·         Proses
(diskusi)

·         Hasil


2 x 35 menit


·         Pengalaman bermain lari estafet

·         Tata tertib sekolah


·         Buku Guru

·         Buku Siswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar