Minggu, 21 Juni 2015

LEARNING TRAJECTORY MATERI PANJANG

KELAS
TEMA
KOMPETENSI DASAR
KONTEN/ISI
BERPIKIR MATEMATIKA (Shigeo Katagiri)
RME
PIAGET
BRUNER
PERANGKAT PEMBELAJARAN
FILSAFAT IDEOLOGI
REFERENSI
KURIKULUM 2013
  SIKAP   MATEMATIKA
  METODE    MATEMATIKA
   KONTEN   MATEMATIKA
1
2
Kegemaranku
3.11
 Membandingkan dengan memperkirakan panjang suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih panjang, lebih pendek)
Panjang
Saintifik
Mencoba untuk membangun perspektif
Berpikir induktif Pemikiran Analogis
Ide sifat dasar
World Orientation (1) Model Material (2) Building Stones (3)
Operasional konkret
Enaktif: Pensil panjang dan pensil pendek Iconic: Dibandingkan dengan istilah lebih panjang-lebih pendek
PBL
Konstruktivis
2
8
Keselamatan di Rumah dan Perjalanan
3.6
Mengetahui satuan panjang dan berat benda, jarak suatu tempat (baik tidak baku maupun yang baku) dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar
Panjang Berat
Saintifik
Mencoba untuk meningkatkan pemikiran dari tingkat konkret ke tingkat abstrak
Berpikir induktif Pemikiran Abstrak Berpikir yang melambangkan
Ide Unit
World Orientation (1) Model Material (2) Building Stones (3) Formal mathematics (4)
Operasional konkret
Enaktif: Penggaris panjang-Penggaris pendek Iconic: Mengukur dengan jengkal tangan Simbolic: Mengukur dengan penggaris (cm)
CTL
Konstruktivis
3
6
Indahnya Persahabatan
3.9
 Mengenal hubungan antar satuan waktu,
antar satuan panjang, dan antar satuan
berat yang biasa digunakan dalam
kehidupan sehari-hari
Panjang Berat Waktu
Saintifik
Mencoba untuk membangun perspektif
Pemikiran Analogis Pemikiran Integratif
Berpikir fungsional
World Orientation (1) Model Material (2) Building Stones (3) Formal mathematics (4)
Operasional konkret
Enaktif: Penggaris panjang-Penggaris pendek Iconic: Mengukur dengan penggaris Simbolic: Membandingkan cm & mm pada penggaris
PBL
Konstruktivis
4
6
Indahnya Negeriku
3.16
Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat berdasarkan pembulatan yang disajikan
dalam bentuk tabel sederhana
Panjang Berat Bilangan Gambar
Saintifik
Mencoba untuk mengambil tindakan yang sesuai
Berpikir yang mengungkapkan dengan angka, kuantifikasi
Berpikir fungsional
World Orientation (1) Model Material (2) Building Stones (3) Formal mathematics (4)
Operasional konkret
Enaktif:     Meja panjang-meja pendek      Iconic: Mengukur dengan penggaris Simbolic: Menentukan nilai dari pengukuran
CTL
Konstruktivis
5
3
Kerukunan dalam Bermasyarakat
3.4
 Mengenal konsep perbandingan dan skala
Panjang Gambar
Saintifik
Mencoba untuk membangun perspektif
Berpikir analogis
Ide set
World Orientation (1) Model Material (2) Building Stones (3) Formal mathematics (4)
Operasional konkret
Enaktif:     Mengukur panjang tongkat      Iconic: Mengukur jarak 2 kota pada peta Simbolic: Perbandingan skala
PBL
Konstruktivis
6














Tidak ada komentar:

Posting Komentar