KELAS
|
TEMA
|
KOMPETENSI DASAR
|
KONTEN/ISI
|
BERPIKIR MATEMATIKA (Shigeo Katagiri)
|
RME
|
PIAGET
|
BRUNER
|
PERANGKAT PEMBELAJARAN
|
FILSAFAT IDEOLOGI
|
|||||
REFERENSI
|
KURIKULUM 2013
|
SIKAP MATEMATIKA
|
METODE MATEMATIKA
|
KONTEN MATEMATIKA
|
||||||||||
1
|
2
|
Kegemaranku
|
3.11
|
Membandingkan dengan memperkirakan panjang
suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih panjang, lebih pendek)
|
Panjang
|
Saintifik
|
Mencoba untuk membangun
perspektif
|
Berpikir induktif Pemikiran
Analogis
|
Ide sifat dasar
|
World Orientation (1)
Model Material (2) Building Stones (3)
|
Operasional konkret
|
Enaktif: Pensil panjang dan pensil pendek Iconic: Dibandingkan
dengan istilah lebih panjang-lebih pendek
|
PBL
|
Konstruktivis
|
2
|
8
|
Keselamatan di Rumah dan
Perjalanan
|
3.6
|
Mengetahui satuan panjang
dan berat benda, jarak suatu tempat (baik tidak baku maupun yang baku) dan
menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar
|
Panjang Berat
|
Saintifik
|
Mencoba untuk
meningkatkan pemikiran dari tingkat konkret ke tingkat abstrak
|
Berpikir induktif
Pemikiran Abstrak Berpikir yang melambangkan
|
Ide Unit
|
World Orientation (1)
Model Material (2) Building Stones (3) Formal mathematics (4)
|
Operasional konkret
|
Enaktif: Penggaris panjang-Penggaris pendek Iconic: Mengukur
dengan jengkal tangan Simbolic: Mengukur dengan penggaris (cm)
|
CTL
|
Konstruktivis
|
3
|
6
|
Indahnya Persahabatan
|
3.9
|
Mengenal hubungan antar satuan waktu,
antar satuan panjang, dan antar satuan berat yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari |
Panjang Berat Waktu
|
Saintifik
|
Mencoba untuk membangun
perspektif
|
Pemikiran Analogis
Pemikiran Integratif
|
Berpikir fungsional
|
World Orientation (1)
Model Material (2) Building Stones (3) Formal mathematics (4)
|
Operasional konkret
|
Enaktif: Penggaris panjang-Penggaris pendek Iconic: Mengukur
dengan penggaris Simbolic: Membandingkan cm & mm pada penggaris
|
PBL
|
Konstruktivis
|
4
|
6
|
Indahnya Negeriku
|
3.16
|
Menentukan nilai terkecil
dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat berdasarkan pembulatan
yang disajikan
dalam bentuk tabel sederhana |
Panjang Berat Bilangan
Gambar
|
Saintifik
|
Mencoba untuk mengambil
tindakan yang sesuai
|
Berpikir yang
mengungkapkan dengan angka, kuantifikasi
|
Berpikir fungsional
|
World Orientation (1)
Model Material (2) Building Stones (3) Formal mathematics (4)
|
Operasional konkret
|
Enaktif: Meja panjang-meja
pendek Iconic: Mengukur
dengan penggaris Simbolic: Menentukan nilai dari pengukuran
|
CTL
|
Konstruktivis
|
5
|
3
|
Kerukunan dalam
Bermasyarakat
|
3.4
|
Mengenal konsep perbandingan dan skala
|
Panjang Gambar
|
Saintifik
|
Mencoba untuk membangun
perspektif
|
Berpikir analogis
|
Ide set
|
World Orientation (1)
Model Material (2) Building Stones (3) Formal mathematics (4)
|
Operasional konkret
|
Enaktif: Mengukur panjang
tongkat Iconic: Mengukur
jarak 2 kota pada peta Simbolic: Perbandingan skala
|
PBL
|
Konstruktivis
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Minggu, 21 Juni 2015
LEARNING TRAJECTORY MATERI PANJANG
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar