LEARNING TRAJECTORY MATEMATIKA
KELAS
|
TEMA
|
KD
|
Konten berdasarkan referensi LINES…
|
1
|
1. Diriku
2. Kegemaranku
3. Kegiatanku
4. Keluargaku
5.Pengalamanku
6.Lingkungan bersih,
sehat, dan asri
7.Benda, binatang dan
tanaman di Sekitar
8.Peristiwa alam
|
3.1 Mengenal lambang bilangan dan
mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana
3.2 Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan
benda benda yang ada di sekitar rumah,
sekolah, atau tempat bermain
3.3 Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan
sederhana menggunakan gambar-gambar/benda konkrit
3.4 Menunjukkan pemahaman tentang besaran
dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20
3.5 Mengenal bangun datar dan bangun ruang
menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat
bermain.
3.6 Menemukan bangun yang membentuk pola
pengubinan sederhana
3.7 Menentukan pola dari barisan bangun datar
sederhana menggunakan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar
3.8 Mengenal panjang, luas, waktu, dan suhu
3.9 Membandingkan dengan memperkirakan lama
suatu aktivitas berlangsung menggunakan istilah sehari-hari (lebih lama,
lebih singkat)
3.10 Membandingkan
dengan memperkirakan berat suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih
berat, lebih ringan)
3.11 Membandingkan
dengan memperkirakan panjang suatu benda menggunakan istilah sehari-hari
(lebih panjang, lebih pendek)
3.12 Menentukan urutan berdasarkan panjang
pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok
berdasarkan jumlah anggotanya
|
Bilangan
Bilangan
Bilangan
Bilangan
Bentuk 2D
Bentuk 2D
Bentuk 2D
Panjang, Luas, Waktu
Waktu
Berat
Panjang
Panjang
|
|
4.1 Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan
99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya
dengan berbagai kemungkinan
jawaban
4.2 Menggunakan benda konkrit untuk menelusuri
pecahan dan jumlah uang
4.3 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri
dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan
pengurangan terkait
dengan aktivitas sehari-hari serta memeriksa
kebenarannya
4.4 Mendeskripsikan, mengembangkan, dan membuat
pola yang berulang
4.5 Membentuk berbagai bangun datar dengan
menggunakan papan berpaku atau media lainnya
4.6 Melakukan pengubinan dari bangun datar
sederhana tertentu
4.7 Membentuk dan menggambar bangun baru dari
bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada
4.8 Mengelompokkan teman sekelas berdasarkan
tinggi badannya
4.9 Mengumpulkan dan mengelola data pokok
kategorikal dan menyajikannya dalam grafik konkrit dan piktograf tanpa menggunakan
urutan label pada sumbu horizontal
4.10 Membaca dan mendeskripsikan
data pokok yang ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf
|
Bilangan
Bilangan
Uang
Bilangan
Bentuk 2D
Bentuk 2D
Bentuk 2D
Bentuk 2D
Himpunan
Himpunan
Himpunan
|
|
2
|
1. Hidup rukun
2. Bermain di
lingkunganku
3. Tugasku sehari-hari
4. Aku dan sekolahku
5. Hidup bersih dan
sehat
6. Air, bumi dan
matahari
7. Merawat hewan dan
tumbuhan
8. Keselamatan di rumah
dan perjalanan
|
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan
menggunakan blok Dienes (kubus satuan)
3.2 Mengenal operasi perkalian dan pembagian
pada bilangan asli yang hasilnya kurang dari 100 melalui kegiatan eksplorasi
menggunakan benda konkrit
3.3 Mengenal kesamaan dua ekspresi, menggunakan
benda konkrit, simbol, ataupenjumlahan/pengurangan bilangan hingga satu angka
3.4 Mengenal nilai tukar antar pecahan uang
3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya
pada kehidupan
sehari-hari di
lingkungan sekitar
3.6 Mengetahui satuan panjang dan berat benda,
jarak suatu tempat (baik tidak baku maupun yang baku) dan menggunakannya
dalam kehidupansehari-hari di lingkungan sekitar
3.7 Mengenal ruas garis dan garis lurus
3.8 Mengidentifikasi unsur-unsur yang membentuk
segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan
3.9 Mengenal bangun datar dan bangun ruang,
serta mengelompokkan berdasarkan sifat geometrisnya
3.10 Menentukan nilai
terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan
dalam bentuk tabel sederhana
|
Bilangan
Bilangan
Bilangan
Uang
Waktu
Berat
Panjang
Bentuk 2D
Bentuk 2D
Bentuk 2D
Panjang
Berat
|
|
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100
4.2 Menaksir hasil perhitungan dengan strategi
pembulatan satuan, pembulatan puluhan, dan pembulatan ratusan
4.3 Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan
500 sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian atau pembagian dua buah
bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
4.4 Mendemostrasikan berbagai penukaran uang di
depan kelas dengan berbagai kemungkinan jawaban
4.5 Memecahkan masalah nyatasecara efektif yang
berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu,
panjang, berat benda dan uang,selanjutnya memeriksa kebenaran jawabnya
4.6 Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana
dari benda-benda di sekitar
4.7 Menceritakan lokasi objek yang berkaitan
dan representasi objek pada sebuah peta
4.8 Merepresentasikan, mengembangkan, dan
membuat pola yang berulang, serta menemukan pola dasar
4.9 Mengumpulkan dan mengelompokkan data
kategorikal atau diskrit dan menampilkan data menggunakan grafik konkrit dan
piktograf
4.10 Membaca dan mendeskripsikan
data yang disajikan dengan grafik konkrit dan
piktograf
4.11 Membuat tabel
sederhana hasil pengukuran panjang atau berat
|
Bilangan
Bilangan
Bilangan
Uang
Bilangan
Bentuk 3D
Gambar
Gambar
Gambar
Gambar
Berat
Panjang
|
|
3
|
1. Sayangi hewan dan
tumbuhan di sekitar
2. Pengalaman yang
mengesankan
3. Mnegenal cuaca dan
musim
4. Ringan sama
dijinjing, berat sama dipikul
5. Mari kita bermain
dan berolahraga
6. Indahnya
persahabatan
7. Mari kita hemat
energy untuk masa depan
8. Berperilaku bak
dalam kehidupan sehari-hari
9. Menjaga kelestaran
lingkungan
|
3.1 Memahami sifat-sifat operasi hitung
bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian
3.2 Memahami letak bilangan pada garis bilangan
3.3 Memahami konsep pecahan sederhana
menggunakan benda-benda yang konkrit/gambar, serta menentukan nilai terkecil
dan terbesar
3.4 Mengenal pecahan dan bilangan desimal,
serta dapat melakukan penambahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama
3.5 Menyederhanakan kesamaan
dua ekspresi dengan menggunakan penambahan/pengurangan bilangan sampai dua
angka
3.6 Menentukan strategi pemecahan masalah
dengan mengurangi, menambah, dan menukarkan sejumlah uang
3.7 Menemukan sifat simetri bangun datar
(melalui kegiatan menggunting dan melipat atau cara lainnya), simetri putar
dan pencerminan menggunakan benda-
benda konkrit
3.8 Menemukan unsur dan sifat bangun datar
sederhana berdasarkan pengamatan
3.9 Mengenal hubungan antar satuan waktu, antar
satuan panjang, dan antar satuan berat yang biasa digunakan dalam kehidupan
sehari-hari
3.10 Memahami keliling
segitiga dan persegi panjang menggunakan benda konkrit (benang, tali, batang
korek api, lidi dan berbagi benda yang dapat digunakan sebagai satu satuan
luas)
3.11 Mengenal dan membandingkan
besar sudut bangun datar tanpa satuan baku
3.12 Mendeksripsikan
hubungan antara dua bangun datar dan antara bangun ruang dan bangun datar
3.13 Memahami
penghitungan waktu berdasarkan data sehari-hari
3.14 Menentukan
perbandingan data menggunakan tabel, grafik batang, dan grafik lingkaran
|
Bilangan
Bilangan
Bilangan
Bilangan
Bilangan
Bilangan
Uang
Bentuk 2D
Bentuk 2D
Waktu
Berat
Panjang
Bentuk 2D
Bentuk 2D
Bentuk 2D
Waktu
Gambar
|
|
4.1 Mengurai sebuah bilangan bulat sebagai
hasil penjumlahan atau pengurangan
dua buah bilangan bulat lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
4.2 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih
strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang
berkaitan dengan penjumlahan,
pengurangan, perkalian,pembagian
bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran jawabnya
4.3 Menunjukkan hasil rotasi dan pencerminan
suatu bangun datar dengan menggunakan gambar
4.4 Menggambar berbagai bangun datar dengan
keliling atau luas yang sama
4.5 Menaksir panjang, luas, dan berat suatu
benda dan memilih satuan baku yang sesuai
4.6 Membentuk dan menggambar berbagai bangun
datar yang diperoleh melalui kegiatan melipat dan menggunting atau cara
lainnya
4.7 Memperkirakan dan mengukur panjang,
keliling, luas, kapasitas, massa, waktu, dan suhu menggunakan satuan baku dan
tidak baku
4.8 Mendeskripsikan, mengembangkan, dan membuat
pola dari berbagai pola numerik dan pola geometris
4.9 Membuat dan mengambar berbagai bangun datar
dengan kelililing atau luas yang telah ditentukan
4.10 Menghasilkan
berbagai bangun datar yang diperoleh melalui kegiatan melipat dan menggunting
atau cara lainnya
4.11 Mengumpulkan,
mencatat, menata, dan menyajikan data menggunakan tabel dan grafik batang
4.12 Membuat tabel
frekuensi sederhana berdasarkan tabulasi hasil pengukuran tinggi badan teman
sekelas
4.13 Membaca,
mendeskripsikan, dan menginterpretasikan data pokok yang ditampilkan pada
bagan dan grafik, termasuk grafik batang vertikal dan horizontal
4.14 Mengumpulkan dan
menata data kategorikal atau diskrit dan menampilkan data menggunakan bagan
dan grafik, termasuk grafik batang vertikal dan horisontal dengan label
terurut sesuai dengan grafik batang horizontal
|
Bilangan
Bilangan
Waktu
Panjang
Berat
Uang
Bentuk 2D
Bentuk 2D
Luas
Panjang
Berat
Bentuk 2D
Panjang
Luas
Volume
Waktu
Gambar
Bentuk 2D
Bentuk 2D
Gambar
Gambar
Gambar
Gambar
|
|
4
|
1. Indahnya kebersamaan
2. Selalu berhemat
energi
3. Peduli makhluk hidup
4. Berbagai pekerjaan
5. Menghargai jasa
pahlawan
6. Indahnya negeriku
7. Cita-citaku
8. Daerah tempat
tinggalku
9. Makanan sehat dan
bergizi
|
3.1 Mengenal konsep pecahan senilai dan
melakukan operasi hitung pecahan menggunakan benda kongkrit/gambar
3.2 Menerapkan penaksiran dalam melakukan
penjumlahan,perkalian, pengurangan dan pembagian untuk memperkirakan hasil
perhitungan
3.3 Memahami aturan pembulatan dalam membaca
hasil pengukuran dengan alat ukur
3.4 Memahami faktor dan kelipatan bilangan
serta bilangan prima
3.5 Menentukan kelipatan persekutuan dua buah
bilangan dan menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK)
3.6 Menentukan faktor persekutuan dua buah
bilangan dan faktor persekutuan terbesar (FPB)
3.7 Menentukanhasil operasi penjumlahan dan
pengurangan bilangan desimal
3.8 Memahami pola penjumlahan dan pengurangan
bilangan bulat dengan menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis bilangan
3.9 Memahami konsep bilangan negatif
menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis bilangan
3.10 Menyederhanakan
kesamaan dua ekspresi menggunakan penjumlahan, pengurangan, atau perkalian
pada kedua ruas sehingga diperoleh bentuk yang paling sederhana
3.11 Menemukan bangun
segibanyak beraturan maupun tak beraturan yang membentuk pola pengubinan
melalui pengamatan
3.12 Mengenal sudut
siku-siku melalui pengamatan dan membandingkannya dengan sudut yang berbeda
3.13 Memahami luas
segitiga, persegi panjang, dan persegi
3.14 Menentukan
hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling
persegi panjang
3.15 Mengenal sifat
dari garis parallel
3.16 Menentukan nilai
terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat berdasarkan
pembulatan yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana
|
Bilangan
Bilangan
Bilangan
Bilangan
Bilangan
Bilangan
Bilangan
Bilangan
Bilangan
Bilangan
Bentuk 2D
Bentuk 2D
Bentuk 2D
Bentuk 2D
Luas
Bentuk 2D
Panjang
Berat
Gambar
|
|
4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat
sendiri, membuat model matematika dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan
masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan
kuantitas, desimal dan persen, serta memeriksa kebenarannya
4.2 Menyatakan pecahan ke bentuk desimal dan
persen
4.3 Mengurai sebuah pecahan menjadi sebagai
hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah pecahan lainnya dengan berbagi
kemungkinan jawaban
4.4 Melakukan pengubinan menggunakan segi
banyak beraturan tertentu
4.5 Mengurai dan menyusun kembali jaring-jaring
bangun ruang sederhana
4.6 Membentuk jaring-jaring bangun ruang yang
berbeda dengan jaring bangun ruang yang sudah ada
4.7 Membuat benda-benda berdasarkan
jaring-jaring bangun ruang yang ditemukan dengan memanfaatkan barang-barang
bekas yang ada di sekitar rumah sekolah atau tempat bermain
4.8 Membuat peta posisi suatu tempat/benda
tanpa menggunakan skala dengan memperhatikan arah mata angin
4.9 Mengembangkan, dan membuat berbagai pola
numerik dan geometris
4.10 Membuat prediksi
yang berhubungan dengan pola dan menelusuri pola yang berulang dengan
menggunakan pencerminan dan rotasi
4.11 Mengurai dan
menyusun kembali jaring-jaring bangun ruang sederhana
4.12 Mengidentifikasi
dan mendeskripsikan lokasi objek menggunakan peta grid dan melalui
percerminan
4.13 Merepresentasikan
sudut lancip dan sudut tumpul dalam bangun datar
4.14 Membandingkan
jumlah sudut suatu segitiga dengan jumlah sudut suatu segi empat
4.15 Mengumpulkan dan
menata data diskrit dan menampilkan data menggunakan bagan dan grafik
termasuk grafik batang ganda, diagram garis, dan diagram lingkaran
4.16 Menyajikan hasil
pengukuran panjang atau berat berdasarkan pembulatan yang disajikan dalam
bentuk tabel sederhana
4.17 Menyatakan
kesimpulan berdasarkan data tabel atau grafik
|
Bilangan
Bilangan
Bilangan
Bentuk 2D
Bentuk 3D
Bentuk 3D
Bentuk 3D
Gambar
Gambar
Gambar
Bentuk 3D
Gambar
Bentuk 2D
Bentuk 2D
Gambar
Panjang
Berat
Bilangan
Gambar
Gambar
|
|
5
|
1. Bermain dengan
benda-benda di sekitar
2. Peristiwa dalam
kehidupan
3. Kerukunan dalam
bermasyarakat
4. Sehat itu penting
5. Bangga sebagai
bangsa Indonesia
6. Organ tubuh manusia
dan hewan
7. Sejarah peradaban
Indonesia
8. Ekosistem
9. Akrab dengan
lingkungan
|
3.1 Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan
akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana
3.2 Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan
biasa,campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan
menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian
3.3 Memilih prosedur pemecahan masalah dengan
menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati
pola
3.4 Mengenal konsep perbandingan dan skala
3.5 Mengenal dan menggambar denah letak benda
dan sistem koordinat
3.6 Menentukan hubungan antar satuan kuantitas
dalam kehidupan sehari-hari (rim, lusin, kodi)
3.7 Menemukan rumus keliling dan luas lingkaran
melalui suatu percobaan
3.8 Memahami arti rata-rata, median dan modus
dari sekumpulan data
3.9 Memahami konsep frekuensi relatif melalui
percobaan dan tabel
|
Bilangan
Bilangan
Bilangan
Gambar
Panjang
Gambar
?
Luas
Bentuk 2D
Bilangan
Bilangan
|
|
4.1 Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil
penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang
dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban
4.2 Menentukan bilangan yang tidak diketahui
dalam persamaan yang melibatkan penambahan, pengurangan, perkalian, atau
pembagian bilangan satu atau dua angka
4.3 Menunjukkan kesetaraan menggunakan
perkalian atau pembagian dengan jumlah nilai yang tidak diketahui pada kedua
sisi
4.4 Menentukan nilai simbol yang tidak
diketahui dalam suatu persamaan
4.5 Melakukan percobaan dan melaporkan hasilnya
untuk menemukan keliling dan luas lingkaran serta menemukan rumus keliling
dan luas lingkaran
4.6 Mencatat jarak dan waktu tempuh berbagai
benda yang bergerak ke dalam tabel untuk memahami konsep kecepatan sebagai
hasil bagi antara jarak dan waktu dan menggunakannya dalam penyelesaian
masalah
4.7 Menggunakan kubus satuan untuk menghitung
volume berbagai bangun ruang sederhana
4.8 Menggambar denah sederhana menggunakan
skala, mempertimbangkan jarak dan waktu dengan berbagai kemungkinan lintasan,
serta menentukan letak objek berdasarkan arah mata angin
4.9 Mengukur besar sudut menggunakan busur
derajat dan mengidentifikasi jenis sudutnya
4.10 Menyajikan relasi
dalam koordinat dan grafik
4.11 Membentuk berbagai
bangun ruang yang volumenya sudah ditentukan
4.12 Menemukan luas
permukaan dan volume dari heksahedron dan prisma segi banyak
4.13 Merumuskan dengan
kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif
dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan konsep
perbandingan, skala, dan hubungan antar kuantitas, serta memeriksa kebenaran
jawabnya
4.14 Mengumpulkan,
menata, membandingkan, dan menyajikan data cacahan dan ukuran menggunakan
tabel, grafik batang piktogram, dan diagram lingkaran (grafik kue serabi)
4.15 Membuat
kuesioner/lembar isian sederhana untuk mendapatkan informasi tertentu
4.16 Menyatakan
kesimpulan berdasarkan data tabel atau grafik
|
Bilangan
Bilangan
Bilangan
Luas
Bentuk 2D
Waktu
Gambar
Volume
Bentuk 3D
Waktu
Gambar
Bentuk 2D
Gambar
Volume
Bentuk 3D
Luas
Volume
Bentuk 3d
Gambar
Gambar
?
Gambar
|
|
6
|
1. Selamatkan makhluk
hidup
2. Persatuan dalam
perbedaan
3. Tokoh dan Penemu
4. Globalisasi
5. Wira Usaha
6. Kesehatan Masyarakat
|
3.1 Memahami operasi hitung yang melibatkan
berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen)
3.2 Memahami perbandingan senilai dan perbandingan
terbalik
3.3 Menentukan besar sudut yang ditemukan dalam
kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan satuan
tidak baku dan satuan derajat termasuk sudut antara arah mata angin dan sudut
di antara dua jarum jam
3.4 Menentukan prosedur pemecahan masalah
dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan
mengamati pola
3.5 Mengenal unsur-unsur lingkaran
3.6 Mengenal diagonal ruang dan diagonal sisi
dalam bangun ruang sederhana
3.7 Memilahkan poligon oleh garis simetri dan
dengan simetri rotasi
3.8 Memecahkan masalah sederhana melibatkan
juring, busur, prisma, silinder, piramida, atau kerucut
3.9 Memahami cara menghitung nilai rata-rata,
median, dan modus menggunakan statistik sederhana
3.10 Membandingkan
tafsiran/arti rata-rata, median dan modus dari dua kumpulan data berbeda,
tetapi sejenis.
3.11 Menemukan peluang
empirik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan beberapa
jenis data saling terkait yang diolah menggunakan tabel dan grafik
3.12 Memahami
kuesioner/lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat untuk mendapatkan
informasi tertentu
|
Bilangan
Bilangan
Bentuk 2D
Gambar
Bentuk 2D
Bentuk 3D
Gambar
Bentuk 3D
Bilangan
Bilangan
Himpunan
Gambar
?
|
|
4.1 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat
model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah
nyata sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung, bangun ruang dan
data, serta memeriksa kebenaran jawabnya
4.2 Membuat garis-garis dengan bantuan benang
yang menghubungkan dua buah titik sudut dalam kubus atau balok dan menemukan
bangun datar baru yang bisa dibentuk oleh benang-benang tersebut dan
menggambarkannya dalam bentuk
sketsa
4.3 Membentuk/menggambar bangun datar gabungan
sederhana serta menghitung luasnya
4.4 Membentuk/menggambar bangun ruang gabungan
sederhana serta menghitung volumenya
4.5 Mengamati pola atau melakukan percobaan
untuk menemukan jumlah sudut segi tiga dan segi empat
4.6 Mengukur besar sudut yang ditemukan dalam
kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan satuan
derajat termasuk sudut antara arah mata angin dan sudut di antara dua jarum
jam
4.7 Menghitung luas permukaan prisma dan
silinder
4.8 Menggambar plotting titik-titik di kuadran
pertama
4.9 Menggunakan juring, kesamaan busur, prisma,
silinder, piramida, dan kerucut untuk memecahkan masalah sederhana
4.10 Menggunakan data
statistik hasil pengamatan untuk menaksir peluang kejadian
4.11 Mengumpulkan data
menggunakan kuesioner sederhana, mengolah, dan memaparkan data dalam bentuk
tabel dan grafik yang sesuai
4.12 Menarik kesimpulan
berdasarkan data hasil pengamatan yang diolah menggunakan statistik
sederhana, tabel, dan grafik
|
Bentuk 3D
Bentuk 3D
Bentuk 2D
Luas
Bentuk 3D
Gambar
Bentuk 2D
Gambar
Luas
Gambar
Bentuk 3D
Himpunan
Gambar
Gambar
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar