Senin, 18 Mei 2015

KONTEN MATERI SD MENURUT BUKU LINES OF DEVELOPMENT IN PRIMARY MATHEMATICS

LEARNING TRAJECTORY MATEMATIKA


KELAS

TEMA

KD
Konten berdasarkan referensi LINES…
1
1. Diriku
2. Kegemaranku
3. Kegiatanku
4. Keluargaku
5.Pengalamanku
6.Lingkungan bersih, sehat, dan asri
7.Benda, binatang dan tanaman di Sekitar
8.Peristiwa alam
3.1  Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana

3.2  Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda benda yang ada di  sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain

3.3  Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar/benda konkrit

3.4  Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20

3.5  Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.

3.6  Menemukan bangun yang membentuk pola pengubinan sederhana

3.7  Menentukan pola dari barisan bangun datar sederhana menggunakan benda-benda yang ada di lingkungan sekitar

3.8  Mengenal panjang, luas, waktu, dan suhu

3.9  Membandingkan dengan memperkirakan lama suatu aktivitas berlangsung  menggunakan istilah sehari-hari (lebih lama, lebih singkat)

3.10 Membandingkan dengan memperkirakan berat suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih berat, lebih ringan)

3.11 Membandingkan dengan memperkirakan panjang suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih panjang, lebih pendek)

3.12  Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotanya
Bilangan


Bilangan


Bilangan


Bilangan


Bentuk 2D



Bentuk 2D


Bentuk 2D


Panjang, Luas, Waktu

Waktu



Berat


Panjang


Panjang




4.1  Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan
jawaban

4.2  Menggunakan benda konkrit untuk menelusuri pecahan dan jumlah uang 

4.3  Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan
pengurangan terkait dengan aktivitas  sehari-hari serta memeriksa kebenarannya

4.4  Mendeskripsikan, mengembangkan, dan membuat pola yang berulang

4.5  Membentuk berbagai bangun datar dengan menggunakan papan berpaku atau media lainnya

4.6  Melakukan pengubinan dari bangun datar sederhana tertentu

4.7  Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada

4.8  Mengelompokkan teman sekelas berdasarkan tinggi badannya

4.9  Mengumpulkan dan mengelola data pokok kategorikal dan menyajikannya dalam grafik konkrit dan piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu horizontal

4.10 Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf


Bilangan



Bilangan
Uang

Bilangan




Bentuk 2D


Bentuk 2D


Bentuk 2D

Bentuk 2D


Himpunan

Himpunan



Himpunan


2
1. Hidup rukun
2. Bermain di lingkunganku
3. Tugasku sehari-hari
4. Aku dan sekolahku
5. Hidup bersih dan sehat
6. Air, bumi dan matahari
7. Merawat hewan dan tumbuhan
8. Keselamatan di rumah dan perjalanan
3.1  Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok Dienes (kubus satuan)

3.2  Mengenal operasi perkalian dan pembagian pada bilangan asli yang hasilnya kurang dari 100 melalui kegiatan eksplorasi menggunakan benda konkrit

3.3  Mengenal kesamaan dua ekspresi, menggunakan benda konkrit, simbol, ataupenjumlahan/pengurangan bilangan hingga satu angka
3.4  Mengenal nilai tukar antar pecahan uang

3.5  Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan
sehari-hari di lingkungan sekitar

3.6  Mengetahui satuan panjang dan berat benda, jarak suatu tempat (baik tidak baku maupun yang baku) dan menggunakannya dalam kehidupansehari-hari di lingkungan sekitar

3.7  Mengenal ruas garis dan garis lurus 

3.8  Mengidentifikasi unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan

3.9  Mengenal bangun datar dan bangun ruang, serta mengelompokkan berdasarkan sifat geometrisnya

3.10 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana

Bilangan


Bilangan



Bilangan
Uang


Waktu


Berat
Panjang


Bentuk 2D

Bentuk 2D


Bentuk 2D


Panjang
Berat


4.1  Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100

4.2  Menaksir hasil perhitungan dengan strategi pembulatan satuan, pembulatan puluhan, dan pembulatan ratusan

4.3  Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 500 sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian atau pembagian dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban

4.4  Mendemostrasikan berbagai penukaran uang di depan kelas dengan berbagai kemungkinan jawaban

4.5  Memecahkan masalah nyatasecara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang,selanjutnya memeriksa kebenaran jawabnya

4.6  Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari benda-benda di sekitar


4.7  Menceritakan lokasi objek yang berkaitan dan representasi objek pada sebuah peta

4.8  Merepresentasikan, mengembangkan, dan membuat pola yang berulang, serta menemukan pola dasar

4.9  Mengumpulkan dan mengelompokkan data kategorikal atau diskrit dan menampilkan data menggunakan grafik konkrit dan piktograf

4.10 Membaca dan mendeskripsikan data yang disajikan dengan grafik konkrit dan
piktograf

4.11 Membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjang atau berat

Bilangan


Bilangan


Bilangan



Uang


Bilangan




Bentuk 3D



Gambar


Gambar


Gambar



Gambar



Berat
Panjang

3
1. Sayangi hewan dan tumbuhan di sekitar
2. Pengalaman yang mengesankan
3. Mnegenal cuaca dan musim
4. Ringan sama dijinjing, berat sama dipikul
5. Mari kita bermain dan berolahraga
6. Indahnya persahabatan
7. Mari kita hemat energy untuk masa depan
8. Berperilaku bak dalam kehidupan sehari-hari
9. Menjaga kelestaran lingkungan
3.1  Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian

3.2  Memahami letak bilangan pada garis bilangan

3.3  Memahami konsep pecahan sederhana menggunakan benda-benda yang konkrit/gambar, serta menentukan nilai terkecil dan terbesar

3.4  Mengenal pecahan dan bilangan desimal, serta dapat melakukan penambahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama

3.5 Menyederhanakan kesamaan dua ekspresi dengan menggunakan penambahan/pengurangan bilangan sampai dua angka

3.6  Menentukan strategi pemecahan masalah dengan mengurangi, menambah, dan menukarkan sejumlah uang

3.7  Menemukan sifat simetri bangun datar (melalui kegiatan menggunting dan melipat atau cara lainnya), simetri putar dan pencerminan menggunakan benda-
benda konkrit

3.8  Menemukan unsur dan sifat bangun datar sederhana berdasarkan pengamatan

3.9  Mengenal hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari

3.10 Memahami keliling segitiga dan persegi panjang menggunakan benda konkrit (benang, tali, batang korek api, lidi dan berbagi benda yang dapat digunakan sebagai satu satuan luas)

3.11 Mengenal dan membandingkan besar sudut bangun datar tanpa satuan baku

3.12 Mendeksripsikan hubungan antara dua bangun datar dan antara bangun ruang dan bangun datar

3.13 Memahami penghitungan waktu berdasarkan data sehari-hari

3.14 Menentukan perbandingan data menggunakan tabel, grafik batang, dan grafik lingkaran

Bilangan


Bilangan

Bilangan



Bilangan



Bilangan



Bilangan
Uang

Bentuk 2D




Bentuk 2D


Waktu
Berat
Panjang


Bentuk 2D


Bentuk 2D


Bentuk 2D


Waktu

Gambar

4.1  Mengurai sebuah bilangan bulat sebagai hasil penjumlahan  atau  pengurangan  dua buah bilangan bulat lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban

4.2  Merumuskan dengan kalimat sendiri,  membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan,
pengurangan, perkalian,pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta  memeriksa kebenaran jawabnya

4.3  Menunjukkan hasil rotasi dan pencerminan suatu bangun datar dengan menggunakan gambar

4.4  Menggambar berbagai bangun datar dengan keliling atau luas yang sama

4.5  Menaksir panjang, luas, dan berat suatu benda dan memilih satuan baku yang sesuai

4.6  Membentuk dan menggambar berbagai bangun datar yang diperoleh melalui kegiatan melipat dan menggunting atau cara lainnya

4.7  Memperkirakan dan mengukur panjang, keliling, luas, kapasitas, massa, waktu, dan suhu menggunakan satuan baku dan tidak baku

4.8  Mendeskripsikan, mengembangkan, dan membuat pola dari berbagai pola numerik dan pola geometris

4.9  Membuat dan mengambar berbagai bangun datar dengan kelililing atau luas yang telah ditentukan

4.10 Menghasilkan berbagai bangun datar yang diperoleh melalui kegiatan melipat dan menggunting atau cara lainnya

4.11 Mengumpulkan, mencatat, menata, dan menyajikan data menggunakan tabel dan grafik batang

4.12 Membuat tabel frekuensi sederhana berdasarkan tabulasi hasil pengukuran tinggi badan teman sekelas

4.13 Membaca, mendeskripsikan, dan menginterpretasikan data pokok yang ditampilkan pada bagan dan grafik, termasuk grafik batang vertikal dan horizontal

4.14 Mengumpulkan dan menata data kategorikal atau diskrit dan menampilkan data menggunakan bagan dan grafik, termasuk grafik batang vertikal dan horisontal dengan label terurut sesuai dengan grafik batang horizontal

Bilangan



Bilangan
Waktu
Panjang
Berat
Uang

Bentuk 2D


Bentuk 2D

Luas
Panjang
Berat

Bentuk 2D


Panjang
Luas
Volume
Waktu

Gambar

Bentuk 2D


Bentuk 2D


Gambar


Gambar


Gambar



Gambar




4
1. Indahnya kebersamaan
2. Selalu berhemat energi
3. Peduli makhluk hidup
4. Berbagai pekerjaan
5. Menghargai jasa pahlawan
6. Indahnya negeriku
7. Cita-citaku
8. Daerah tempat tinggalku
9. Makanan sehat dan bergizi
3.1  Mengenal konsep pecahan senilai dan melakukan operasi hitung pecahan menggunakan benda kongkrit/gambar

3.2  Menerapkan penaksiran dalam melakukan penjumlahan,perkalian, pengurangan dan pembagian untuk memperkirakan hasil perhitungan

3.3  Memahami aturan pembulatan dalam membaca hasil pengukuran dengan alat ukur

3.4  Memahami faktor dan kelipatan bilangan serta bilangan prima

3.5  Menentukan kelipatan persekutuan dua buah bilangan dan menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK)

3.6  Menentukan faktor persekutuan dua buah bilangan dan faktor persekutuan terbesar (FPB)

3.7  Menentukanhasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal

3.8  Memahami pola penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis bilangan

3.9  Memahami konsep bilangan negatif menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis bilangan

3.10 Menyederhanakan kesamaan dua ekspresi menggunakan penjumlahan, pengurangan, atau perkalian pada kedua ruas sehingga diperoleh bentuk yang paling sederhana

3.11 Menemukan bangun segibanyak beraturan maupun tak beraturan yang membentuk pola pengubinan melalui pengamatan

3.12 Mengenal sudut siku-siku melalui pengamatan dan membandingkannya dengan sudut yang berbeda

3.13 Memahami luas segitiga, persegi panjang, dan persegi

3.14 Menentukan hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling persegi panjang

3.15 Mengenal sifat dari garis parallel

3.16 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat berdasarkan pembulatan yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana

Bilangan


Bilangan



Bilangan


Bilangan

Bilangan


Bilangan


Bilangan


Bilangan


Bilangan


Bilangan



Bentuk 2D


Bentuk 2D


Bentuk 2D

Bentuk 2D
Luas

Bentuk 2D

Panjang
Berat
Gambar

4.1  Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, membuat model matematika dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen, serta memeriksa kebenarannya

4.2  Menyatakan pecahan ke bentuk desimal dan persen

4.3  Mengurai sebuah pecahan menjadi sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah pecahan lainnya dengan berbagi kemungkinan jawaban

4.4  Melakukan pengubinan menggunakan segi banyak beraturan tertentu

4.5  Mengurai dan menyusun kembali jaring-jaring bangun ruang sederhana

4.6  Membentuk jaring-jaring bangun ruang yang berbeda dengan jaring bangun ruang yang sudah ada

4.7  Membuat benda-benda berdasarkan jaring-jaring bangun ruang yang ditemukan dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar rumah sekolah atau tempat bermain

4.8  Membuat peta posisi suatu tempat/benda tanpa menggunakan skala dengan memperhatikan arah mata angin

4.9  Mengembangkan, dan membuat berbagai pola numerik dan geometris

4.10 Membuat prediksi yang berhubungan dengan pola dan menelusuri pola yang berulang dengan menggunakan pencerminan dan rotasi

4.11 Mengurai dan menyusun kembali jaring-jaring bangun ruang sederhana

4.12 Mengidentifikasi dan mendeskripsikan lokasi objek menggunakan peta grid dan melalui percerminan

4.13 Merepresentasikan sudut lancip dan sudut tumpul dalam bangun datar 

4.14 Membandingkan jumlah sudut suatu segitiga dengan jumlah sudut suatu segi empat

4.15 Mengumpulkan dan menata data diskrit dan menampilkan data menggunakan bagan dan grafik termasuk grafik batang ganda, diagram garis, dan diagram lingkaran 

4.16 Menyajikan hasil pengukuran panjang atau berat berdasarkan pembulatan yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana

4.17 Menyatakan kesimpulan berdasarkan data tabel atau grafik


Bilangan




Bilangan


Bilangan


Bentuk 2D


Bentuk 3D


Bentuk 3D


Bentuk 3D



Gambar


Gambar


Gambar



Bentuk 3D


Gambar


Bentuk 2D


Bentuk 2D


Gambar

Panjang
Berat
Bilangan
Gambar

Gambar

5
1. Bermain dengan benda-benda di sekitar
2. Peristiwa dalam kehidupan
3. Kerukunan dalam bermasyarakat
4. Sehat itu penting
5. Bangga sebagai bangsa Indonesia
6. Organ tubuh manusia dan hewan
7. Sejarah peradaban Indonesia
8. Ekosistem
9. Akrab dengan lingkungan
3.1  Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana

3.2  Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa,campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian

3.3  Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola
 
3.4  Mengenal konsep perbandingan dan skala

3.5  Mengenal dan menggambar denah letak benda dan sistem koordinat

3.6  Menentukan hubungan antar satuan kuantitas dalam kehidupan sehari-hari (rim, lusin, kodi)

3.7  Menemukan rumus keliling dan luas lingkaran melalui suatu percobaan

3.8  Memahami arti rata-rata, median dan modus dari sekumpulan data

3.9  Memahami konsep frekuensi relatif melalui percobaan dan tabel

Bilangan


Bilangan



Bilangan

Gambar
Panjang

Gambar


?

Luas
Bentuk 2D


Bilangan


Bilangan

4.1  Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban

4.2  Menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian bilangan satu atau dua angka

4.3  Menunjukkan kesetaraan menggunakan perkalian atau pembagian dengan jumlah nilai yang tidak diketahui pada kedua sisi
4.4  Menentukan nilai simbol yang tidak diketahui dalam suatu persamaan

4.5  Melakukan percobaan dan melaporkan hasilnya untuk menemukan keliling dan luas lingkaran serta menemukan rumus keliling dan luas lingkaran

4.6  Mencatat jarak dan waktu tempuh berbagai benda yang bergerak ke dalam tabel untuk memahami konsep kecepatan sebagai hasil bagi antara jarak dan waktu dan menggunakannya dalam penyelesaian masalah

4.7  Menggunakan kubus satuan untuk menghitung volume berbagai bangun ruang sederhana

4.8  Menggambar denah sederhana menggunakan skala, mempertimbangkan jarak dan waktu dengan berbagai kemungkinan lintasan, serta menentukan letak objek berdasarkan arah mata angin

4.9  Mengukur besar sudut menggunakan busur derajat dan mengidentifikasi jenis sudutnya

4.10 Menyajikan relasi dalam koordinat dan grafik

4.11 Membentuk berbagai bangun ruang yang volumenya sudah ditentukan

4.12 Menemukan luas permukaan dan volume dari heksahedron dan prisma segi banyak

4.13 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antar kuantitas, serta memeriksa kebenaran jawabnya

4.14 Mengumpulkan, menata, membandingkan, dan menyajikan data cacahan dan ukuran menggunakan tabel, grafik batang piktogram, dan diagram lingkaran (grafik kue serabi)

4.15 Membuat kuesioner/lembar isian sederhana untuk mendapatkan informasi tertentu

4.16 Menyatakan kesimpulan berdasarkan data tabel atau grafik


Bilangan




Bilangan



Bilangan



Luas
Bentuk 2D


Waktu
Gambar



Volume
Bentuk 3D

Waktu
Gambar


Bentuk 2D


Gambar

Volume
Bentuk 3D

Luas
Volume
Bentuk 3d


Gambar



Gambar



?


Gambar
6
1. Selamatkan makhluk hidup
2. Persatuan dalam perbedaan
3. Tokoh dan Penemu
4. Globalisasi
5. Wira Usaha
6. Kesehatan Masyarakat
3.1  Memahami operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen)

3.2  Memahami perbandingan senilai dan perbandingan terbalik

3.3  Menentukan besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan satuan tidak baku dan satuan derajat termasuk sudut antara arah mata angin dan sudut di antara dua jarum jam

3.4  Menentukan prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola

3.5  Mengenal unsur-unsur lingkaran

3.6  Mengenal diagonal ruang dan diagonal sisi dalam bangun ruang sederhana

3.7  Memilahkan poligon oleh garis simetri dan dengan simetri rotasi

3.8  Memecahkan masalah sederhana melibatkan juring, busur, prisma, silinder, piramida, atau kerucut

3.9  Memahami cara menghitung nilai rata-rata, median, dan modus menggunakan statistik sederhana

3.10 Membandingkan tafsiran/arti rata-rata, median dan modus dari dua kumpulan data berbeda, tetapi sejenis.

3.11 Menemukan peluang empirik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan beberapa jenis data saling terkait yang diolah menggunakan tabel dan grafik

3.12 Memahami kuesioner/lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat untuk mendapatkan informasi tertentu

Bilangan


Bilangan


Bentuk 2D



Gambar



Bentuk 2D

Bentuk 3D


Gambar

Bentuk 3D


Bilangan


Bilangan


Himpunan
Gambar


?



4.1  Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung, bangun ruang dan data, serta memeriksa kebenaran jawabnya

4.2  Membuat garis-garis dengan bantuan benang yang menghubungkan dua buah titik sudut dalam kubus atau balok dan menemukan bangun datar baru yang bisa dibentuk oleh benang-benang tersebut dan menggambarkannya dalam bentuk
sketsa

4.3  Membentuk/menggambar bangun datar gabungan sederhana serta menghitung luasnya

4.4  Membentuk/menggambar bangun ruang gabungan sederhana serta menghitung volumenya

4.5  Mengamati pola atau melakukan percobaan untuk menemukan jumlah sudut segi tiga dan segi empat

4.6  Mengukur besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan satuan derajat termasuk sudut antara arah mata angin dan sudut di antara dua jarum jam

4.7  Menghitung luas permukaan prisma dan silinder

4.8  Menggambar plotting titik-titik di kuadran pertama

4.9  Menggunakan juring, kesamaan busur, prisma, silinder, piramida, dan kerucut untuk memecahkan masalah sederhana

4.10 Menggunakan data statistik hasil pengamatan untuk menaksir peluang kejadian

4.11 Mengumpulkan data menggunakan kuesioner sederhana, mengolah, dan memaparkan data dalam bentuk tabel dan grafik yang sesuai

4.12 Menarik kesimpulan berdasarkan data hasil pengamatan yang diolah menggunakan statistik sederhana, tabel, dan grafik

Bentuk 3D




Bentuk 3D




Bentuk 2D
Luas

Bentuk 3D


Gambar
Bentuk 2D


Gambar



Luas

Gambar

Bentuk 3D


Himpunan


Gambar



Gambar





Tidak ada komentar:

Posting Komentar